oleh

TP PKK Temanggung Gelar Bimtek Gerakan Aksi Pojok Baca

TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung terus mendorong minat baca masyarakat, dengan memperbanyak pojok baca di berbagai wilayah. Upaya itu mendapat dukungan Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung secara virtual, Kamis (22/7/2021).

Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung Denty Eka Widi Pratiwi, menyampaikan, pojok baca merupakan suatu ruangan yang dilengkapi dengan koleksi buku dan berperan sebagai perpanjangan fungsi perpustakaan. Tempat itu juga untuk menyerap ilmu, menambah literasi melalui bacaan atau tulisan masyarakat, kader, bahkan sampai dengan anak-anak, di sela-sela aktivitas sehari-hari. Rencananya, pojok baca akan dibuka tidak hanya di tempat kerja kader atau anggota TP PKK kecamatan, akan tetapi sampai desa atau kelurahan.

Baca Juga  PUPR Pekanbaru Segera Gesa Pembangunan Islamic Center

Diakui, ada suatu sensasi yang berbeda ketika membaca sebuah informasi atau pengetahuan, melalui media online maupun membaca dari buku cetak. Namun, apabila menggunakan gawai atau teknologi, masyarakat membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya, sehingga keberadaan pojok baca atau sudut baca tersebut sangat diperlukan.

“Harus ada terobosan-terobosan atau kreativitas serta inovasi yang bisa kita lakukan, supaya sudut baca itu menarik. Baik dari sisi materinya, literasinya, ataupun dari materi-materi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat kita,” ungkapnya.

Baca Juga  Transformasi PLN Jadi Kunci Sukses Percepat Digitalisasi Pembangkit

Denty mengatakan, gerakan itu merupakan tantangan untuk menghadirkan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan, dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga kehadiran sudut baca betul-betul diminati, tidak sekadar formalitas.

“Karena yang akan kita gugah adalah bagaimana minat baca itu, sehingga masyarakat bisa mengetahui informasi secara baik dan benar. Ini yang juga kita tekankan, karena begitu mudahnya kita mengakses suatu informasi. Kadang informasi yang sifatnya hanya sekilas itu ditelan mentah-mentah, sehingga menimbulkan hoaks,” imbuhnya.

Baca Juga  Mahendra Siregar: GTF Leaders Summit Asia Jadi Konferensi Internasional Pertama di Asia

Denty berharap, dengan adanya sudut baca, dapat mewujudkan masyarakat Temanggung yang gemar membaca. (*/cr1)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed