oleh

Pendaftaran SNMPTN Kuota 115.569 Kursi

JAMBI– Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 resmi dibuka Senin (15/2/2021). Mereka yang telah dinyatakan eligible atau memenuhi syarat bisa melakukan pendaftaran melalui portal https://snmptn.ltmpt.ac.id mulai pukul 15.00 WIB.

Tahun ini memang tidak semua siswa bisa mendaftar SNMPTN. Hanya siswa eligible yang berkesempatan mengikuti seleksi masuk PTN melalui jalur tersebut. Merujuk pada data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah siswa eligible lebih dari 837 ribu anak. Mereka akan memperebutkan 115.569 kursi.

Siswa eligible itu ditentukan sekolah masing-masing merujuk pada nilai dan minat siswa mengikuti SNMPTN. ’’Selain itu, yang tidak punya akun LTMPT tentu tidak bisa mendaftar SNMPTN,’’ tutur Ketua LTMPT M. Nasih saat dihubungi, Minggu (14/2), seperti dilansir jambi.siberindo.co grup siberindo.co.

Baca Juga  UMJ Siap Berikan Beasiswa Bagi Peraih Medali Olimpiade

Menurut dia, pendaftaran akun itu sudah sempat diperpanjang. Baik pendaftaran akun untuk siswa maupun finalisasi data sekolah oleh satuan pendidikan. ’’Siswa yang datanya belum difinalisasi juga tidak bisa mendaftar SNMPTN,’’ sambungnya.

Nanti mereka terseleksi sendiri begitu ingin mendaftar di laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Maksudnya, bagi yang tidak eligible atau belum permanen datanya, akan muncul pesan di layar begitu memasukkan e-mail dan password akun LTMPT miliknya.

Untuk pendaftaran SNMPTN 2021, para calon peserta dapat melakukannya mulai dari 15 sampai 24 Februari 2021. Lama pendaftaran akan aktif selama 24 jam. Berikut adalah alur pendaftaran SNMPTN 2021: Pertama, melakukan login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan. Kemudian calon pendaftar mengisi ‘Kelengkapan Data Orang Tua’ pada halaman ‘Profil’.

Baca Juga  Mengenal Sosok Danlanal Letkol Budi Iryanto

Setelahnya itu mereka dapat mengisi pilihan program studi yang akan diambil pada halaman ‘Pilihan’. Calon peserta juga diminta mengisi portofolio pada halaman ‘Portofolio’ apabila prodi yang diambil mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika tidak, maka tidak perlu diisi. Calon peserta mengisi prestasi di halaman ‘Prestasi’. Hal ini tidak wajib dan dapat diisi sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.

Baca Juga  Jateng Berhasil Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani

Lalu tahap finalisasi pada halaman ‘Finalisasi’ ketika semua data sudah benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebab, setelahnya data tidak dapat dibatalkan. Terakhir calon peserta mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Bagi para peserta yang sudah melakukan finalisasi tidak dapat merubah data apapun. Apabila menemukan kendala, peserta dapat menghubungi Call Center 0804-1-450-450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

Sementara itu, untuk pengumuman hasil SNMPTN 2021 akan dilaksanakan pada 22 Maret. Terkait dengan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 2021 dapat melihatnya melalui laman PTN masing-masing peserta. (*/cr1)

News Feed