oleh

Pemkab Kebumen Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Kurang Mampu

KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten Kebumen membagikan 1.088 ton beras kepada warga, di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Selasa (20/7/2021). Bantuan dari Bulog tersebut diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Bantuan Sosial Tunai (BST), dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menyampaikan, pemberian bantuan sosial tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri, yakni pemerintah daerah harus bergerak cepat tanpa perlu menunggu pemerintah pusat dalam pemberian bantuan.

Baca Juga  Camat Pancoran Serahkan Bantuan Kursi Roda kepada Warga Disabilitas

“Kemarin alhamdulillah Kabupaten Kebumen mendapatkan bantuan beras dari Bulog sebesar 1.088 ton beras. Saya minta secepatnya hari ini juga untuk bisa disalurkan ke masyarakat. Jadi tidak perlu menunggu lama-lama, bantuan harus cepat sampai ke masyarakat,” ujar Arif saat penyerahan simbolis bantuan di pendapa rumah dinasnya, Selasa (20/7/2021).

Bupati menyebutkan, ribuan ton beras tersebut diberikan kepada 66.545 orang penerima manfaat PKH dan 42.263 orang penerima BST. Setiap keluarga memperoleh 10 kilogram beras.

Baca Juga  Pasien Melonjak, Tempat Isolasi di Kobar Bakal Ditambah Lagi

“Untuk memastikan bahwa bantuan ini tepat sasaran, kita masih mengacu pada DTKS yang ada di desa. Data ini yang kemudian diserahkan ke Dinas Sosial, lalu kita bagikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Arif menyampaikan, selain bantuan beras, pemerintah juga segera mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga, melalui PT Pos Indonesia.

Baca Juga  BNPB Ajak Organisasi Sukarelawan dalam Penanganan Gempa di Sulawesi Barat

Salah seorang penerima bantuan, Nur Kholifah, menyatakan, bantuan beras tersebut sangat bermanfaat baginya di tengah masa PPKM Darurat.

“Saya ini ibu rumah tangga, suami saya kerjanya tukang bengkel sepeda di Selang. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati karena sudah diberikan bantuan beras. Harapan saya semoga Covid-19 bisa cepat berakhir. Jujur saja pemasukan kita sekarang berkurang, sementara kebutuhan jalan terus, malah bertambah,” ucapnya. (*/cr1)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed