oleh

Pembenahan TPA Muara Fajar agar Tertata dengan Baik

PEKANBARU – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru fokus benahi TPA Muara Fajar. Instansi itu menargetkan Pekanbaru kembali meraih piala Adipura.

“Fokus pembuangan sampah semestinya terkoneksi dengan baik dari hulu menuju hilir. Kita upayakan pembenahan secara terpadu agar pembuangan sampah di hilir tidak lagi terkendala seperti sebelumnya. Salah satunya fokus membenahi TPA di Muara Fajar,” kata Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi, Senin (26/7).

Baca Juga  Dishub Pekanbaru Sudah Pasang Puluhan Panel Box LPJU

Saat ini, lanjutnya, DLHK tengah fokus melakukan sejumlah pembenahan dan perbaikan di TPA Muara Fajar. “Ada sejumlah penanganan yang tengah kita lakukan. InsyaAllah kalau semua berjalan dengan lancar. Hilir pembuangan sampah di Kota Pekanbaru bisa tertata dengan baik,” jelasnya.

Fokus penanganan TPA Muara Fajar ada beberapa tahapan yang kita kerjakan, seperti pembuatan jalan operasi di atas sel sampah, perbaikan saluran lindi yang tersumbat, pembentukan lereng sampah dekat bangunan penunjang, penutupan tanah di atas lereng sampah yang terbentuk.

Baca Juga  Ini Kata Aziz Syamsuddin, Soal Mutu Pelayanan dan Keselamatan Transportasi Penerbangan

Kemudian penanaman rumput di atas tanah penutup, pemasangan pipa gas, meratakan timbunan sampah yang sudah menggunung, pengerukan lumpur di bak anaerobik di IPL, perbaikan jembatan timbang dan perbaikan pagar.

Untuk Pembuatan Jalan Operasi di atas sel sampah, DLHK membutuhkan dua model alat berat yakni Excavator dan Bulldozer. Excavator itu untuk memindahkan sampah dengan jarak paling pendek serta menggunakan lengannya untuk jarak yang panjang.

Baca Juga  Kapolda Sultra Dialog Insan Pers Bahas Kekerasan terhadap Wartawan

“Serta Buldozer untuk memindahkan dan meratakan sampah dengan jarak sekitar 20 m,” kata Hendra. (*/cr1)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed