oleh

Alasan Pemkot Bengkulu Tak Rekrut CPNS Tahun Ini

BENGKULU – Tahun 2021 ini, Pemkot Bengkulu kembali tak mengajukan usulan formasi CPNS. Selain karena kebutuhan yang belum mendesak juga perekrutan itu terhalang karena minimnya anggaran yang ada.

Meskipun demikian, Pemkot Bengkulu tetap berusaha menjaga pelayanan kepada masyarakat dengan memaksimalkan kinerja. Saat ini Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) mulai melakukan pendataan  kebutuhan ASN ke depannya. Mengingat setiap tahunnya selalu terjadi pengurangan akibat adanya ASN yang pensiun maupun lainnya.

Sekda Kota Bengkulu, Ir Arief Gunadi, MSi mengatakan memang pada tahun ini untuk Kota Bengkulu belum ada mengusulkan formasi CPNS ke Kemenpan-RB. Dimana sampai dengan bulan Desember 2020 lalu, jumlah ASN di lingkungan Pemkot Bengkulu berjumlah 4.781 orang. Jumlah itu masih dirasa cukup dan belum terlalu urgensi untuk melakukan usulan formasi perekrutan.

Baca Juga  Kini Pos Indonesia Buka Sabtu dan Minggu

Pihaknya juga telah meminta BKPP untuk melakukan pendataan kekurangan ASN di Kota Bengkulu agar menjadi ideal.  “Untuk usulan itu di Kota Bengkulu sampai sekarang memang masih belum ada,” singkat Arief, dilansir dari rakyatbengkulu.com.

Ditambahkan, Plt Kepala BKPP Kota Bengkulu, Achrawi SPd mengatakan sejauh ini pihaknya mengakui belum menerima ataupun mencatat usulan formasi CPNS Pemkot Bengkulu. Pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan dan pemetaan kekurangan ASN di OPD mana saja. Selain itu, juga minimnya anggaran menjadi salah satu masalah untuk melakukan perekrutan tersebut.

Baca Juga  Pasokan Vaksin Covid-19 untuk Kota Pekanbaru Capai 40 Ribu Dosis

“Belum ada, kita tengah melakukan pemetaan sekarang, ke depan mungkin saja ada,” lanjutnya.

Sementara itu, Waka I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi SE meminta agar Pemkot Bengkulu bisa melakukan pemetaan dan pendataan jumlah ASN. Selain itu juga diminta untuk melihat jumlah ideal ASN di masing-masing OPD sesuai fungsi dan tugasnya. Pihaknya meminta pemetaan itu bisa selesai secepatnya dan disampaikan ke DPRD Kota Bengkulu.

Baca Juga  Kini Harga Swab Test PCR di Kota Pekalongan Turun

Hal ini agar pihaknya mengetahui berapa jumlah kebutuhan yang harus dilengkapi Pemkot Bengkulu. Jika memang tak melakukan seleksi CPNS, Pemkot Bengkulu setidaknya diminta melakukan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.(P3K).

“Jika dirasa urgensi seperti tenaga medis dan tenaga pendidik maka tentu kita akan bantu menggarkannya, kita minta Pemkot lebih konstrentrasi melakukan registrasi ini,” tutupnya. (*/cr1)

News Feed